ETIKA
BISNIS DAN E-COMMERCE
A. Cakupan
Etika Bisnis di Bidang TI
Kegiatan bisnis yang makin
merenbak baik di dalam maupun di luar negeri, telah menimbulkan tantangan baru,
yaitu adanya tuntutan praktis bisnis yang baik, yang etis, juga menjadi
tuntutan kehidupan bisnis di banyak negera di dunia.
Richard T. De George
(1986), di dalam buku Business Ethic memberikan 4 macam kegiatan yang dapat
dikatagorikan sebagai cakupan etika bisnis.
1. Penerapan
prinsip-prinsip etika umum pada praktik-praktik khusus dalam bisnis.
2. Etika
bisnis tidak hanya menyangkut penerapan prinsip etika pada kegiatan bisnis,
tetapi merupakan ”meta-etika” yang juga menyoroti apakah perilaku yang dinilai
atau tidak secara individu dapat diterapkan pada orhanisasi atau perusahaan
bisnis.
3. Bidang
penelaah etika bisnis yang menyangkut asumsi mengenai bisnis. Dalam hal ini,
etika bisnis juga menyoroti moralitas sistem ekonomi pada umumnya serta sistem
ekonomi suatu negara pada khususnya.
4. Etika
bisnis juga menyangkut bidang yang biasanya sudah meluah lebih dari sekedar
etika, seperti misalnya ekonomi dan teori organisasi.
Pada keempat bidang
tersebut, etika bisnis membantu para pelaku bisnis untuk melakukan pendekatan
permasalahan moral dalam bisnis secara tepat dan sebaliknya mendekati
permasalahan yang terjadi pada bisnis dengan pendekatan moral yang mungkin
sering di abaikan. Etika bisnis akan memberikan pelajaran kepada para pelaku
bisnis bahwa bisnis yang ”berhasil”, tidak hanya bisnis yang menuai keuntungan
secara meterial saja melainkan bisnis yang bergerak dalam koridor etis yang
membawa serta tanggung jawab dan memelihara hubungan baik antar manusia yang
terlibat di dalamnya. Etika bisnis memiliki tujuan yang paling penting adalah
menggugah kesadaran tentang dimensi etis dari kegiatan bisnis dan menajemen,
etika bisnis juga menghalau pencitraan bisnis sebagai kegiatan yang ”kotor”
penuh muslihat dan dipenuhi oleh orang-orang yang menjalankan usahanya dengan
licik.
B. Prinsip-prinsip
Etika Bisnis
1. Prinsip
kejujuran
Kejujuran
adalah prinsip etika bisnis yang cukup penting karena menjamin kelanggengan
sebuah kegiatan bisnis. Beberapa contoh aspek kejujuran dalam kegiatan bisnis
antara lain adalah :
·
Kejujuran dalam menjual atau menawarkan
barang dengan harga yang sesuai dengan kualitas barang yang di jual atau
ditawarkan tersebut.
·
Kejujuran dalam kegiatan perusahaan
menyangkut hubungan kerja antar pemimpin dengan pekerja.
·
Kejujuran dalam melakukan
perjanjian-perjanjian baik perjanjian kontrak, jual-beli maupun
perjanjian-perjanjian yang lain.
2. Prinsip
berbuat baik dan tidak berbuat jahat
Berbuat
baik (beneficence) dan tidak berbuat jahat (non malefience) merupakan prinsip
moral untuk bertindak baik kepada orang lain.
3. Pprinsip
Keadilan
Prinsip
keadilan merupakan prinsip yang menuntut bahwa dalam hubungan bisnis, seseorang
memperlakukan bisnis, seseorang memperlakukan orang lain sesuai haknya.
4. Prinsip
hormat pada diri sendiri
Prinsip
ini sama artinya dengan prinsip menghargai diri sendiri, bahwa dalam melakaukan
hubungan bisnis, manusia memiliki kewajiban moral untuk memperlakukan didirinya
sendiri sebagai pribadi yang memiliki nilai sama dengan pribadi lainnya.
C. Contoh
Etika Bisnis Bidang TI
1. Etika
deskriptif
Adalah
etika yang menelaah secara kritis dan rasional tentang sikap dan perilaku
manusia, serta apa yang dikejar oleh setiap orang dalam hidupnya sebagai suatu
yang bernialai. Etika Deskriptif berbicara mengenai fakta secara apa adanya,
yakni mengenai nilai dan perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait
dengan realiatas yang membudaya serta dikkaitkan dengan kondisi tertentu
memnungkinkan manusia dapat bertindak secara etis.
2. Etika
normative
Adalah
etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya
dimiliki oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia dan
tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. Jadi etika normative merupakan
norma- norma yang dapat menuntun agar manusia bertindak secara baik dan
menghindarkan hal – hal yang buruk, sesuai dengan kaidah atau nroma yang
disepakati dan berlaku di masyarakat.
D. Contoh
Etika Bisnis Bidang E-Commerce
Transaksi di pasar online harus
mempunyai peraturan yang harus ditaati pemakainya dalam dunia maya. Semua
user/pemakai yang menjalankan bisnis dan memakai fasilitas IT, dengan penuh
tanggung jawab atas apa yang dilakukannya dalam dunia IT. Dengan demikian kita
dapat menikmati kecanggihan dunia IT dengan aman.
E. Tantangan
Umum yang di Hadapi Masa Kini
1. Tantangan
inovasi dan perubahan yang cepat, misalnya windows xp menjadi windows 7
2. Tantangan
pasar dan pemasaran di era globalisasi adany apersaingan yang tidak sehat
3. tantangan
pengembangan sikap dan tanggung jawab pribadi, pengendalian diri dan
pengembangan sikap yang tidak merugikan, tidak semata-mata mencari untung
pribadi,
4. tantangan
pengembangan sumber daya manusia, sumber daya yang terbatas perlu diperdayakan
dan dikembangkan sesuai dengan yang ada dalam masyarakat dan teknologi yang
selalu berubah
F. Hukum
E-Commerce
1. Pengakuan
secara yuridis terhadap suatu data message
2. Pengakuan
tanda tangan digital
3. Adanya
pengakuan atas orosinalitas data message
4. Data
message dapat memenuhi syarat pembuktian hukum (admissibility and evenditial
weight)
5. Pengakuan
atas dokumentasi dalam data message
G. Contoh
Trend E-Commerce Masa Kini
Contohnya : Transaksi Bisnis lebih
praktis dengan dukungan mobile e-banking
Layanan e-banking saat ini semakin
memudahkan penggunanya. Kini hampir setiap bank menyediakan layanan mobile yang
dirancang untuk mendukung nasabah bertransaksi dengan lebih mudah, cepat dan
praktis. Dengan adanya aplikasi perbankan yang mobile, maka nasabah tidak perlu
antri lama di ATM ataupun melalui teller. Transaksi transfer, pembayaran maupun
pembelian dapat dilakukan melalui aplikasi mobile yang telah ter-install di
smartphone milik nasabah.
Menu-menu pada aplikasi mobile
banking bukan saja memudahkan nasabah bertransaksi, namun juga aplikasi ini
dapat menyimpan berbagai record transaksi rutin mulai dari transfer antar
rekening, transfer antar bank, pembayaran tagihan rutin dan pembelian pulsa isi
ulang.
Dunia bisnis adalah ddunia yang
dinamis. Dikatakan dinamis karena ia harus mengikuti perkembangan dan trend
jama. Demikian pula halnya ketika internet dan smartphone sudah menjadi bagian
dari kehidupan setiap orang, maka bisnis pun harus menyesuaikan dengan keadaan
itu.
E-commerce adalah trend bisnis
masa kini. Orang-orang berbelanja produk yang dibutuhkannya hanya dengan satu
sentuhan pada smartphone miliknya. Mereka tidak perlu dating ke toko, dan
bahkan mereka pun tidak perlu mengeluarkan uang di dompetnya. Aplikasi mobil
yang ter-install di dalam smartphone miliknya semakin memudahkan mereka dalam
berbelanja.
Jika anda memiliki bisnis, saya
rasa aplikasi mobile banking wajib untuk terinstall di smartphone anda.
Aplikasi mobile untuk smartphone dan tablet dapat di-download melalui App
Store, Google Play Store atau BlackBerry App World.
Referensi :
[1] http://rivaldiligia.wordpress.com/2012/11/06/etika-bisnis-dan-e-commerce/
[2] http://yusepsugianto.wordpress.com/category/e-commerce/
[3] http://cybercomunite.blogspot.com/2013/05/contoh-etika-profesi-it.html
[4] https://andisiandi.wordpress.com/2013/01/22/etika-bisnis-dan-profesionalisme-di-bidang-teknologi-informatika/
[5] http://etikaprofesidanpengembangandiri.blogspot.com/2010/06/etika-bisnis-dan-e-commerce.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar